-->

Kisah Sukses Ahmad Zaky, Pendiri dan CEO Bukalapak.com lulusan ITB

Kisah Sukses Ahmad Zaky, Ahmad Zaky adalah seorang enterperenur yang telah berhasil membangun situs e-commerce Bukalapak.com. Beliau merupakan salah satu pengusaha muda yang patut kita contoh. Berikut perjalanan hidup dari Ahmad Zaky.

Ahmad Zaky
Ahmad Zaky
Jika William Tanuwijaya punya Tokopedia, Achmad Zaky punya Bukalapak yang juga merupakan Marketplace, E-Commerce dan Startup bisnis terbesar dan sukses di Indonesia. Ya memang saat ini lagi booming perusahaan perusahaan startup di Indonesia termasuk Bukalapak yang dianggap sebagai contoh startup berbasis e-commerce yang cukup sukses menjadi bisnis yang besar.
Achmad Zaky adalah orang dibalik suksesnya e-commerce Bukalapak.com. Saking suksesnya Achmad Zaky membesarkan Bukalapak, ia masuk dalam Daftar 10 Teknopreneur Berpengaruh Asia Tenggara.

Sebenarnya siapa sih Achmad Zaky, bagaimana cara dia mendirikan dan membesarkan Bukalapak hingga sebesar ini. Yuk dibaca Biografi Achmad Zaky.

Biografi Achmad Zaky – Lahir, Masa Kecil, Masa Kuliah

Achmad Zaky dilahirkan di Sragen pada tanggal 24 Agustus 1986. Masa kecil Zaky tak berbeda dengan anak-anak kecil lainnya. Ia tumbuh dan besar di Sragen, TK-SMA di Sragen , Jawa Tengah.
Achmad Zaky mulai mengenal dunia komputer  pada tahun 1997 yaitu usia 11tahun. Ketika itu pamannya membelikan ia buku-buku tentang komputer. Sejak saat itu hobi seorang Achmad Zaky adalah utak-atik komputer .
Kecerdasan Achmad Zaky terlihat nyata ketika dibangku SMA ia ditunjuk mewakili sekolahnya untuk berkompetisi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang computer. Dan Achmad Zaky pun menang sampai tingkat nasional.
Lulus SMA, Achmad Zaky diterima sebagai mahasiswa Teknik Informatika ITB. Pada semester 4 ia mencapai IPK 4.00 , yaitu nilai sempurna untuk semua mata kuliah di semester itu.
Tak hanya bidang akademis, bidang organisasipun Achmad Zaky menonjol. Terbukti atas buah pemikirannya, di ITB sekarang ada jurusan/cabang Share Global Student Think-Tank. Kemudian Ahmad Zaky juga mendirikan Entrepreneur Club ITB atau Technopreneur Club (TEC  ITB).Achmad Zaky juga sering menjadi pembicara di Amateur Radio Club (ARC) ITB.
Prestasi Achmad Zaky yang lain semasa kuliah yaitu ia sering menjadi pemenang dalam kejuaraan sains tingkat nasional. Seperti menyabet Juara II di kompetisi Indosat Wireless Innovation Contest pada tahun 2007. Pada kompetisi itu Achmad Zaky membuat MobiSurveyor yaitu software yang berfungsi untuk melakukan fast counting dalam sebuah survey.
Kemenangan Achmad Zaky lainnya adalah pada ajang INAICTA (Indonesia ICT Awards) ia berhasil mendapatkan Merit Award di tahun 2008.
Berkat otaknya yang cemerlang juga, saat masih mahasiswa tahun 2008 Achmad Zaky mendapat scholarship atau beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat untuk bersekolah di Oregon State University . Kemudian di tahun 2009 ditunjuk untuk mewakili almamaternya dalam kompetisi Harvard National Model United Nations.
Ck ck ck… penulis saja heran dengan kecemerlangan otak Achmad Zaky ini, makanannya apa tho orang gini ini kok bisa secerdas ini (geleng-geleng kepala).

Biografi Achmad Zaky - Mendirikan dan Membangun Bukalapak

Achmad Zaky CEO Bukalapak
Achmad Zaky Pendiri Bukalapak.Com
Tak dipungkiri lagi bagaimana cerdasnya Achmad Zaky. Selain prestasi yang telah dibahas diatas, Achmad Zaky pernah mendapat projek dari stasiun TV swasta untuk membuat perangkat lunak guna menghitung cepat perolehan hasil pemilu (software quickcount) .
Setelah Achmad Zaky lulus kuliah dari ITB, ia mendirikan Suitmedia yaitu semacam perusahaan konsultasi dibidang teknologi terutama teknologi computer. Ia sering mendapat job untuk membangun system IT berbagai perusahaan besar di tanah air.
Disela kesibukannya tersebut, Achmad Zaky berfikir ingin membangun sesuatu yang lebih berguna untuk orang banyak. Ia kemudian memutuskan untuk mendirikan situs belanja online yang lebih simple dan bisa digunakan oleh banyak orang secara gratis. Berdirilah BUKALAPAK.COM pada tahun 2010. Yang misi dan visinya adalah Memajukan para UKM di Indonesia lewat internet.
Disaat bukalapak.com dibuat, tak banyak orang yang mau bergabung dan membuka lapak/toko online di Bukalapak.com padahal menjadi merchant (membuka stand online) di bukalapak.com gratis dan mudah. Hingga Achmad Zaky harus turun ke mall-mall untuk mengajak pedagang membuka stand online di Bukalapak. 
Walaupun tak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, tak serta-merta mereka para pedagang di mall ini mau membuka stand online mereka di bukalapak.com karena mungkin mainstream mereka adalah mereka gak mau belajar, gak mau ribet dengan berbagai hal online. Ya, pada tahun itu (2010) tak banyak orang yang melek internet, paham tentang toko online, tahu tentang potensi e-commerce bagi bisnis mereka.
Achmad Zaky tak berputus asa, ia terus mengedukasi para pedagang itu agar melek internet, bahwa dengan dibantu internet dagangannya bakalan makin laris, karena makin luas jangkauan pemasarannya. Hingga satu demi satu pedagang itu mau membuka stand onlinenya. 
Kebanyakan dari mereka adalah pedagang kecil yang mengaku omsetnya dari offline kecil sekali hungga mereka berharap dengan adanya stand online bisa menambah pemasukan. Tak pelak lagi dalam waktu yang relative singkat para pedagang tersebut mengaku omsetnya naik.
Dari sini Achmad Zaky menyimpulkan bahwa ia akan focus untuk mengajak pengusaha/pedagang kecil dulu, karena ini calon merchant yang potensial. Hingga terkumpullah sampai sekarang 10.000 merchant di bukalapak.com.
Apa yang bisa kita simpulakn adalah, orang sekelas dan secerdas Achmad Zaky pun dengan backround pendidikan dan prestasi segudang, jika ingin memajukan usaha tak lepas dari yang namanya kerja keras. Kerja Keras adalah hal mutlak yang harus mau dilalui oleh semua pebisnis jika ingin sukses bahkan sebelum kerja cerdas, kerja keras adalah mutlak.

Biografi Achmad Zaky - Bukalapak.Com Mendapat Funding Dari Investor

Tahun demi tahun, pertumbuhan bukalapak menunjukkan hasil yang signifikan. Dalam sehari ada 4-  sampai 5Milyar rupiah total transaksi yang terjadi di Bukalapak.com . Hal ini membuat Achmad Zaky mulai dilirik investor asing seperti Softbank dan Sequoia Capital , dua investor yang juga menjadi investor Tokopedia, Alibaba, Google, Facebook dan berbagai startup lainnya.
Achmad Zaky juga mendapat tawaran pendanaan dari 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).  Yah…seperti itulah, memantaskan diri dulu, barulah tanpa diminta para investor itu memberikan fundingnya.
Ada kisah menarik saat Achmad Zaky ditawari sejumlah pendanaan oleh Softbank. Achmad Zaky sempat menolak karena ia mengira Softbank ingin mengakuisisi Bukalapak.com. Ternyata Softbank hanyalah ingin membeli 15% saham Bukalapak.com dan pengurusan Bukalapak.com tetaplah menjadi tanggung jawab Achmad Zaky.
Bahkan akhirnya Achmad Zaky diajak oleh perwakilan Softbank untuk melakukan study banding di Jepang terhadap startup-startup yang ada di sana dimana tingkat pertumbuhannya pesat sekali dan pengelolaannya jauh lebih professional. Dari situ Achmad Zaky terbuka fikirannya untuk lebih mengelola Bukalapak.com secara professional.

Biografi Achmad Zaky – Menikah Dengan Diajeng Lestari

Diajeng Lestari Pendiri Hijup.com
Achmad Zaky dan Diajeng Lestari
Pada saat Achmad Zaky merintis Bukalapak.Com di tahun 2010, iapun juga mulai merintis rumah tangganya. Tepat tanggal 17 Oktober 2010 di hari minggu, Achmad Zaky mempersunting seorang wanita cerdas dan cantik yang bernama Diajeng Lestari.
Dalam membangun rumahtangga, Achmad Zaky yang sangat visioner ini juga menularkan visinya akan dunia online ke istrinya yang saat itu masih menjadi karyawan.
Sang istri yang memang sudah jenuh dengan kesehariannya sebagai karyawanpun akhirnya memutuskan resign dari pekerjaannya. Diajeng Lestari istri dari Achmad Zaky akhirnya mendirikan sebuah web khusus tentang muslimah dan hijab yang diberi nama hijup.com di tahun 2011.
Dari pernikahannya ini Achmad Zaky dan Diajeng Lestari dikaruniai seorang putrid cantik yang bernama Laiqa Anzani. Nama anaknya ini “LAIQA” dijadikan sebagai nama Majalah Live Style tantang Hijab yang sangat terkenal dikalangan Muslimah.
Biodata dan Profil Achmad Zaky
Nama                   :  Achmad Zaky Syaifudin
Lahir                    : Sragen-Jawa Tengah, 24 Agustus 1986
Pendidikan            : Teknik Informatika ITB lulus tahun 2009
Karier                   : Pendiri dan CEO Bukalapak.Com mulai 2010-sekarang
Pasangan/Istri       :  Diajeng Lestari (pendiri Hijup.com) - Menikah 17 Oktober 2010
Anak                    :  Laiqa Anzani

Achmad Zaky dianggap telah berhasil menjadikan Bukalapak.com sebagai situs e-commerce , sebagai bisnis startup dan sebagai Marketplace yang cukup berhasil. Keberhasilannya ini membuat Achmad Zaky pada tahun 2015 dinobatkan sebagai 10 Technopreneur under 30th yang berpengaruh di Asia. Wah cukup membanggakan ya teman. Tentu istri dan keluarga Achmad Zaky sangat bangga dengan prestasinya.
Demikian postingan kali ini
Semoga bermanfaat
Baca artikel lainnya mengenai inspirasi dari pengusaha muda (young enterprenur) disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Kisah Sukses Ahmad Zaky, Pendiri dan CEO Bukalapak.com lulusan ITB"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel